google trends seo

5 Tips Menggunakan Google Trends untuk Strategi Konten dan SEO Bagi Pemula

Sebagai blogger dan content creator, salah satu tugas kita adalah membuat tulisan dan konten yang relevan dengan apa yang sedang populer saat ini.

Ketika sesuatu hal sedang ramai diperbincangkan, sebenarnya bagaimana sih data- data tersebut kita interpretasikan?

Salah satu tools untuk menginterpretasikannya adalah Google Trends.

Mengapa Google Trends?

Google Trends dapat digunakan untuk menganalisa tren kata kunci, tren musiman, tren regional dan topik terkait.

google trends
Halaman Utama Google Trends

 

Google Trends membantu kita untuk mengetahui topik apa yang sedang tren di dunia internet. Google Trends akan menginformasikan apa yang sedang populer. Maka dari itu, ide bagus jika kita menulis blog atau membuat konten yang berhubungan dengan topik tersebut. Tujuannya blog atau konten kita juga banyak diminati orang lain.

Hal ini juga berlaku jika teman- teman ingin menulis dan membuat konten. Kemudian terlintas sebuah topik yang ingin dibuat namun masih belum yakin apakah konten ini banyak diminati atau tidak. Google Trends bisa teman- teman gunakan untuk melihat data tersebut.

Contohnya, saya memutuskan untuk melakukan pencarian di Google dengan kata kunci “Digital Minimalism”, saya ingin melihat bagaimana trend kata kunci tersebut di Google Trends.

Hasilnya seperti ini.

google trends
Tampilan Pencarian Volume Kata Kunci di Google Trends

 

Melalui gambar di atas, kita dapat melihat grafik dengan kisaran nilai 0 hingga 100, nilai 100 mengartikan minat yang sangat tinggi dalam mesin pencari Google dan nilai 0 diartikan tidak ada minat.

Dari hasil Google Trends dapat kita lihat bahwa minat kata kunci “Digital Minimalism” sangat tinggi dalam mesin pencari khususnya pada awal tahun 2022 dan masih cukup tinggi hingga pertengahan tahun 2022.

Google Trends membantu kita memaksimalkan kita dalam menemukan waktu dan tempat yang tepat untuk membahas sebuah topik.

Dalam tulisan ini, kita juga akan memahami bagaimana menggunakan Google Trends untuk meningkatkan performa SEO blog atau konten kita? Simak 5 tips berikut ini!

Tulisan tentang tips menulis artikel yang ramah SEO dapat dibaca di sini.

1. Menemukan Topik yang Menarik untuk Postingan Blog

Sebagai penulis, tentunya untuk memproduksi tulisan atau konten yang disukai pembaca dan mendapatkan peringkat baik di Google adalah tantangan tersendiri.

Namun Google Trends membantu kita untuk menemukan topik yang menarik tersebut untuk kita posting di blog kita.

Contohnya pada kata kunci “menulis buku”. Kita akan melihat topik- topik yang berhubungan dengan pencarian tersebut.

Berikut hasilnya.

search 2
Hasil Pencarian Kata Kunci Terkait

 

Dari hasil pencarian topik yang berhubungan, kita dapat memperluas tulisan kita pada kata kunci “menulis buku” menjadi “menulis review buku” atau “menulis buku harian atau journaling” yang saat ini sedang naik daun.

Hal ini penting karena apa yang sedang naik daun saat ini mungkin tidak menjadi tren lagi kemudian hari, maka mengambil momentum menjadi perlu untuk diperhatikan.

2. Mendapatkan Ide untuk Kampanye di Media Sosial

Tidak hanya untuk pencarian topik di mesin pencari, Google Trends juga berguna untuk memperoleh ide kampanye media sosial. Misalnya kita memiliki usaha atau bisnis online dibidang jual beli buku, lalu kita ingin melihat topik apa yang sedang tren di dunia perbukuan.

Maka menjual buku harian mungkin ide yang bagus seiring semakin tingginya minat masyarakat dalam menulis buku harian.

3. Meningkatkan Performa SEO pada Artikel

Manfaat Google Trends dalam SEO adalah pencarian organik. Kita dapat menemukan kata kunci yang memiliki volume pencarian yang tinggi. Meskipun begitu terdapat tools seperti Ubersuggest yang dapat membantu kita.

Semakin tinggi skor SEO kita maka semakin tinggi kesempatan blog kita untuk tampil di halaman pertama mesin pencari.

4. Menemukan Long-tail Keywords untuk Kampanye Marketing

google trends
Kata Kunci Terkait

 

Untuk menentukan long-tail keywords, kita dapat melihat di kolom related queries. Maka kata kunci “model rumah minimalis 2022” dan beberapa kata kunci dibawahnya merupakan kata kunci yang sedang trend belakangan ini dengan volume pencarian yang besar.

Dengan menyisipkan kata kunci tersebut dalam judul, link, sub-heading, meta description, alt text image maka kesempatan tulisan kita tampil di halaman pertama Google semakin tinggi karena relevan dengan target pembaca kita.

5. Menemukan Topik yang Trend untuk Mengadakan Webinar

Jika kita sedang membuat sebuah webinar, maka kita ingin webinar tersebut diminati banyak orang. Untuk itu, menggunakan Google Trends adalah langkah yang tepat. Jika kembali pada topik “rumah minimalis” di bagian atas.

Dari sini, kita dapat melihat bahwa minat orang banyak terhadap rumah minimalis sangat tinggi dan kesempatan ini dapat kita gunakan untuk membuat webinar dengan topik ini.

Tentunya jika kita adalah tim dalam sebuah perusahaan jasa arsitektur, desain interior ataupun gaya hidup.

Simpulan

Menemukan sesuatu yang sedang tren adalah pekerjaan penting bagi content creator. Apapun industri atau bisnis yang sedang kita jalani, setiap orang akan selalu melakukan pencarian di mesin pencari dan perilaku ini ditampilkan melalui data di Google Trends.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk menggunakannya sebagai alat untuk meningkatkan produktivitas kita.

Selamat berlatih!

Sumber Terkait:

https://neilpatel.com/blog/google-trends-marketing/

https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-menggunakan-google-trends/

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.