Karier Penulis Digital

5 Top Karier Penulis Profesional di Era Digital dan Tips Sukses Merintisnya

Apakah teman- teman di sini tertarik bekerja menjadi penulis profesional di era digital? Ini dia 5 top profesi penulis masa kini dan tips merintisnya hingga sukses!

Di era digital saat ini, terbuka luas karier dan lapangan pekerjaan yang erat kaitannya dengan kreativitas dan teknologi. Salah satunya adalah karier sebagai penulis digital.

Penulis Konten
Ilustrasi Penulis Digital (Sumber: www.unsplash.com)

Bagi seorang yang mengidamkan bekerja full-time dari rumah, tidak diburu- buru waktu untuk harus stand by di kantor, memakai pakaian santai ala rumahan namun cuan tetap jalan terus mungkin pekerjaan penulis digital adalah ideal untuk kamu.

Namun tahukan kamu 5 macam top karier penulis profesional di era digital ini? Kenali dan temukan potensimu untuk merintis karier dan sukses sebagai penulis digital!

5 Top Profesi Penulis di Era Digital

Penulis Konten atau Content Writer

Pekerjaan pertama yang saat ini sedang happening dan menduduki top job beberapa tahun belakangan adalah content writer. Penulis konten bekerja memproduksi tulisan informatif dan insightful berupa artikel blog, website, email newsletter serta postingan di media sosial.

Seorang penulis konten perlu memperhatikan kaidah SEO dalam penulisan artikelnya karena artikel yang ditulis bergerak secara organik atau tidak berbayar sehingga tulisannya diharapkan muncul di halaman 1 Google untuk meningkatkan exposure pembaca.  

Adapun tips merintis karier sebagai penulis konten adalah tentu saja memperbanyak portofolio kepenulisan artikel yang menarik dan terus meningkatkan skill SEO.

Kita dapat mengikuti kursus online maupun offline untuk meng-upgrade ilmu SEO kita sebab ilmu SEO adalah ilmu yang cukup dinamis mengikuti perkembangan algortima Google.

Sebagai penulis konten alangkah baiknya jika kita juga memiliki detail-oriented mindset, giat membaca dan suka mengedukasi. Hal ini berkaitan dengan kualitas tulisan yang kita produksi nantinya.

Penulis Naskah Iklan atau Copywriter

Sebagai penulis naskah iklan, kita bekerja memproduksi tulisan yang bersifat persuasif dan mampu mengajak orang melakukan tindakan tertentu misalnya membeli suatu produk.

Penulis naskah iklan perlu memiliki kosa kata yang luas dan mampu menulis secara menarik. Tulisan yang diproduksi berupa tulisan pendek yang to the point maka diharapkan tulisannya tepat sasaran.

Tips sukses merintis karier profesi ini adalah harus berani menjadi out of the box, mencoba hal baru dan memiliki mindset yang berorientasi pada konsumen.

Hasil tulisan dari seorang copywriter dapat kita nikmati di media sosial seperti dalam caption, pembuatan reels dan postingan tulisan bergambar dalam Instagram itu sendiri.

Penulis Naskah atau Scriptwriter

Penulis naskah dapat menulis naskah berupa berita, video Youtube atau film. Tentunya ketiganya berbeda. Untuk menulis naskah berita dibutuhkan kemampuan menulis aktual dan faktual. Sedangkan menjadi penulis naskah film dibutuhkan imajinasi yang kuat.

Tips merintis karier ini membangun portofolio pada platform yang tepat serta kepekaan sosial. Kamu dapat mencoba menjadi jurnalis warga untuk menambah portofolio sebagai penulis naskah berita.

Beberapa platform seperti Pinter Politik, Narasi, Mojok, IDN Times, Kumparan, Asumsi menerima hasil tulisan dari masyarakat umum atau yang sering disebut Jurnalis Warga. 

Bagi teman- teman yang tertarik menjadi penulis naskah berita, perlu juga untuk menguasai kemampuan jurnalistik, seperti mewawancarai narasumber, meringkas informasi dan sebagainya.

Penulis Novel Online

Seperti penulis novel yang sudah kita kenal, tugas penulis novel online adalah memproduksi tulisan fiksi yang disukai banyak pembaca. Untuk itu kita perlu menentukan ide, karakter dan banyak membaca.

Daya imajinasi dan juga keunikan tulisan menjadi poin penting. Jika sudah memiliki karya, kita dapat membagikan karya kita ke situs menulis online seperti Wattpad dan Noveltoon.

Nantinya tulisan kita akan dibaca oleh pengguna Wattpad dan memungkinkan kita mendapat masukan untuk meningkatkan kualitas karya kita. Saat ini banyak penulis Wattpad yang tulisannya dibukukan oleh penerbit. Hal ini menjadi sumber cuan tersendiri jika banyak yang berminat membeli karya kita.

Penulis User Experience atau UX Writer

Profesi ini bekerja dekat dengan profesi desainer grafis. Sebagai UX writer kita membantu mendesain suatu produk melalui UX copywriting dan pengecekan desain. Apakah suatu journey mudah dilalui user? Lalu bagaimana tone of voice-nya?

Intinya profesi ini membantu memudahkan user menggunakan produk atau platform tertentu. Produk tulisan yang dihasilkan tentunya harus jelas dan rapi.

Tips sukses merintis profesi ini adalah membangun portofolio dan memperkaya diri dengan skill mendesain. Selanjutnya, terus mencoba untuk berempati dengan konsumen dan berpikir kritis.

Penutup

Penulis profesional adalah karier yang banyak dibutuhkan di era digital. Sebagai generasi muda kita perlu terus mengembangkan diri agar sukses di bidang ini dan tetap eksis di era digital.  Simak juga cerita Pengalamanku Mengikuti Short Course Mastering Content Writing Bersama DigitalSkola. Tetap semangat!

 

1 thought on “5 Top Karier Penulis Profesional di Era Digital dan Tips Sukses Merintisnya”

  1. Pingback: Pengalaman Seru Mengikuti Short Course Mastering Content Writing Bersama DigitalSKola - Dear Me Mind

Leave a Comment

Your email address will not be published.