Jelajah Garut Bersama Teman Hidup Traveloka

Jelajah Garut The Swiss Van Java, Surganya Jawa Barat Bersama Teman Hidup Traveloka

Pukul 2.30 pagi, ku tengok jam tangan
Angin tidak membiarkanku tidur lelap nyatanya
Sisa hujan semalam, dinginnya menusuk hingga ke tulang
Aku bersyukur, Tuhanku
Atas semua yang kau tanamkan di puncak lestari,
Atas udara yang ku hirup, yang mengalir dalam nadi
Menguatkanku dalam perjalanan ini
Wahai sang pencipta alam
Kekaguman ini sulit ku pendam
Pesona puncak-Mu tak pernah padam

Tuhan, aku Milikmu.

Yogyakarta, 2016

Sebuah catatan perjalanan menujuk puncak 6 tahun silam. Dulu saat masih berkuliah, saya suka sekali menjelajah alam, 4 gunung sudah  dijajaki. Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Lawu dan Gunung Bromo. Rasanya rindu untuk mendaki puncak kembali. Rasanya rindu untuk memeluk alam lagi.

(Dok. Pribadi)

Suami, teman hidup saya pun begitu. Ia adalah sosok penjelajah, suka berpetualang. Menjelajah pantai di Gunung Kidul, mempelajari alam laut dan keanekaragaman hayati di dalamnya.

Setelah pandemi lalu yang telah kita lewati bersama, rasanya sudah lama sekali tidak berwisata alam. Tahun ini pun spesial bagi kami karena akan kedatangan anggota baru keluarga kami, sosok yang kami tunggu- tunggu, malaikat kecil kami.

Terlintas di pikiran kami. Bagaimana jika awal tahun depan kami agendakan untuk berlibur bersama yang tersayang?

Tentang Traveling

Traveling bagi kaum milenial seperti kami adalah wujud investasi pengalaman hidup yang begitu berharga. Disamping memberikan memori berkesan dan indah kelak di masa tua nanti, traveling juga memberikan banyak manfaat seperti menambah teman, membuka wawasan baru dan melatih keberanian serta kemandirian. Setuju kan teman- teman? 

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, saya bersama #TemanHidup sangat senang melakukan perjalanan wisata atau traveling khususnya di dalam negeri. Bagi kami Indonesia memiliki keindahan alam luar biasa yang tak pernah habis untuk dijelajahi dan dieksplorasi.

Kami antusias berwisata ke tempat dengan pesona alam yang menakjubkan. Ditambah juga kami dapat belajar nilai sejarah, tradisi dan budaya dari masyarakat setempat. Hal ini tentunya menambah rasa cinta kami kepada tanah air Indonesia.

Melalui tulisan kali ini saya akan membagikan salah satu wishlist liburan dan jalan- jalan saya dalam rangka #LihatDuniaLagi bersama #TemanHidup dan Traveloka menjelajahi indahnya surga Indonesia ini.

Saya akan menjabarkan mulai dari destinasi tujuan kami, transportasi yang kami gunakan, akomodasi selama berlibur, kondisi cuaca di sana, daftar objek wisata yang dapat kami kunjungi, kebudayaan yang dapat kami pelajari, wisata kuliner serta rencana perjalanan kami. Yuk, simak ceritanya ya!

Destinasi Tujuan

Hal paling utama untuk mewujudkan perjalanan menjelajah rasa, alam dan tradisi bersama teman hidup dan Traveloka adalah menentukan destinasi tujuan. Dalam menentukan destinasi tujuan kita perlu mengetahui apa sebenarnya tujuan yang ingin kita capai dan ingin kita lakukan bersama teman hidup kita.

Bagi saya dan suami penting juga untuk memilih destinasi tujuan yang memungkinkan di situasi dan kondisi kami saat ini. Fyi, berhubung bulan ini kami akan kedatangan anggota baru di keluarga kami (horeee!). Maka dari itu, kami memilih destinasi wisata yang tidak begitu jauh dari ibu kota namun tetap memiliki keindahan alam yang mempersona.

Kenapa Garut?

Kami memilih Garut sebagai destinasi impian dan ingin sekali menjelajah alam bersama Traveloka dengan membawa si kecil traveling untuk pertama kalinya. Berikut ini alasan kami memilih Garut sebagai tujuan jalan- jalan kami.

  • Keindahan Alam Mempesona

Pertama yaitu keindahan alam yang tak kalah mempesona. Tak diragukan lagi, lokasi Garut yang dikelilingi pegunungan bentang alam bumi priangan membuat setiap pengunjung jatuh cinta. Kontur alam yang eksotis dan ditambah hawa yang sejuk dan masih bersih juga memberikan nilai tambah tersendiri. Garut adalah kota wisata impian bagi keluarga kami.

  • Kuliner Lezat

Tak hanya keindahan alam yang mempesona, poin kedua adalah kuliner khas Garut juga terkenal lezat hingga membuat lidah bergoyang. Harganya pun relatif murah meskipun Garut adalah daerah wisata. Sebagai orang asli Sunda, rasanya tak sabar mencicipi kuliner- kuliner khas Kota Garut ini.

  • Family Friendly

Terakhir, daerahnya yang relatif aman membuat Garut menjadi pilihan wisata ramah keluarga. Untuk membawa anak kecil kita tidak perlu khawatir karena kita dapat memilih tempat wisata dan akomodasi yang dapat dinikmati anak- anak maupun orangtua. Semua akan merasa senang berkunjung ke Garut.

Fakta Tentang Garut

Tak kenal maka tak sayang. Garut yang dikenal dengan Swiss Van Java merupakan sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang berbatasan dengan Kabupaten Sumedang, Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Majalengka, Kabupaten Cianjur.

Pemekaran Provinsi Bogor Raya No..., Kabupaten Garut Selatan Yes...! » Gosip Garut
Peta Garut di Jawa Barat (Sumber: www.google.com)

Garut dikelilingi oleh pegunungan antara lain Gunung Gandapura, Gunung Rakutai, Gunung Papandayan, Gunung Cikuray, Gunung Guha, Gunung Kamasan, Gunung Kendang dan lain- lain. 

Garut terletak di Provinsi Jawa Barat bagian Selatan dengan luas wilayah sebesar 306.519 Hektare. Tempat favorit wisatawan ke Garut adalah gunung, kawah dan juga curug.

Tempat Wisata di Garut
Tempat Favorit di Garut (Sumber: www.instagram.com & Diolah dengan Canva)

Waktu Kunjungan ke Garut

Untuk waktu traveling kami memilih awal tahun yaitu di Bulan Januari tahun depan ketika anak pertama kami sudah berusia 4 bulan, sehingga kemungkinan dia akan merasa aman jika diajak bepergian dengan mobil pribadi.

Kami memilih berlibur selama 3 Hari 2 Malam di akhir pekan, tentunya agar puas dan lebih berkesan. Kami pergi di hari Jumat lalu kembali ke Jakarta pada hari Minggu.

Transportasi ke Garut

Kami menggunakan mobil pribadi ke Garut dari Jakarta melalui tol Cipularang. Perjalanan ditempuh kurang lebih 4 jam atau sekitar 280 km. Jalur alternatif Ke Garut yaitu melalui Bandung.

Akomodasi Selama di Garut

Terdapat banyak sekali pilihan akomodasi selama berlibur di Garut. Dengan bantuan Aplikasi Traveloka, kami menjadi mudah menemukan akomodasi impian kami. Berikut adalah akomodasi pilihan kami.

Akomodasi Hotel Murah Garut
(Sumber: www.google.com diolah dengan Canva)
 

Kampung Sampireun Resort & Spa

Hotel Taman Sampireun Garut
(Sumber: www.instagram.com/destinasi.jawabarat)

Lokasinya di Samarang. Beberapa tempat wisata di sekitar sana antara lain Kampung Sampireun dan Restoran Seruling Bambu. Konsep bangunan rumah adat yang mengapung di danau menambah kesan pedesaan dan kesan liburan yang berarti.

Beberapa tipe kamar di Kampung Sampireun antara lain Bungalow Kalapalua Suite Hill, Bungalow Kalapalua Suite Lake, Bungalow Kurjati Suite Lake, Bungalow Waluran Suite Hill, Bungalow Waluran Suite Lake, Bungalow Kurjati Suite, Deluxe Garden Hollywood, Kalapalua Cluster Hollywood, Bungalow Manglayang Suite dan Balinese Villa. Harga kamar mulai dari kisaran 600 ribuan hingga 2,4 jutaan.

Cahaya Villa Garut

Cahaya Villa Garut

(Sumber: www.instagram.com/cahayavillagarut)

Konsep penginapan ini menurut saya sangat bagus. Dengan view pegunungan kabut dan embun pagi menambah kesan suasana Swiss versi kearifan lokal. Bangunan penginapan juga berbentuk bungalow menambah kesan nyaman dan bikin betah.

Lokasinya di Tarogong Kaler dengan fasilitas lengkap termasuk restoran dengan menu ala sunda. Akomodasi ini ramah untuk keluarga karena terdapat kolam renang anak, bak berendam air hangat, area main anak dan juga laundry.

Terdapat 3 tipe kamar yaitu Executive, Villa 1 Bedroom, Villa Suite 1 Bed. Harga penginapan mulai dari 900 ribuan hingga 1,6 jutaan.

Hotel Santika Garut

Hotel Santika Garut
Hotel Santika Garut (Sumber: www.google.com)

Jika ingin menikmati suasana Kota Garut dengan konsep penginapan yang lebih modern, kami memilih Hotel Santika Garut untuk tempat staycation kami. Selain karena view pegunungan dan persawahan yang begitu indah dan memukau, fasilitas hotel ini sudah tidak diragukan lagi.

Lokasi hotel ini di Jalan Raya Cipanas Baru, Tarogong Kaler. Lokasi dekat dengan Saung Pananjung Resto, Rumah Makan Cibiuk, Sentra Oleh- Oleh Chocodot dan Taman Air Sabda Alam. 

Beberapa tipe kamar yang tersedia antara lain Superior, Deluxe Twin City View, Deluxe Twin Pool View, Deluxe King, Deluxe Mountain View. Harga hotel per malamnya mulai dari 500 ribuan hingga 700 ribuan. 

Booking Hotel di Traveloka

Jujur deh, pilihan hotel di Aplikasi Traveloka App melalui Android sangat beragam, kami bisa memilih pilihan akomodasi dengan berbagai kategori mulai dari Diskon Hotel hingga 50%, Bayar saat Check-in, Pilihan Terbaik, All-star Accommodation, Hotel Mewah hingga Villa.

Booking hotel murah dengan Aplikasi Traveloka App memberikan kemudahan melalui skema pembayaran yang bervariasi hingga tersedia fitur Pay Later.

Kelebihan Aplikasi Traveloka
Tampilan Aplikasi Traveloka App dan Kelebihannya
(Diolah dengan Canva)

Untuk melakukan booking hotel murah bersama Traveloka kami tinggal mengetik kota tujuan atau daerah wisata yang kita inginkan. Lalu akan ditampilkan beberapa rekomendasi akomodasi tersebut.

Ketika memilih akomodasi kita juga dapat melihat langsung fasilitas penginapan, kamar, review dari pengunjung sebelumnya, lokasi dan beberapa tempat wisata terdekat. Bersama Traveloka, semuanya menjadi mudah!

Berikut pilihan akomodasi saya dan suami di Garut. 

Booking Hotel Traveloka Talaga Sampireun
Booking Hotel Mudah Traveloka Talaga Sampireun (Diolah dengan Canva)
Booking Hotel Traveloka Cahaya Villa
Booking Hotel Mudah Traveloka Cahaya Villa Garut (Diolah dengan Canva)
The Santika Hotel Garut
Booking Hotel Mudah Santika Hotel Garut (Diolah dengan Canva)

Cuaca di Garut

Begitu banyaknya pegunungan di Garut membuat cuaca di sekitarnya sejuk dan dingin, suhu rata- rata di Garut yaitu 22 derajat Celcius. Saya dan suami sangat menyukai daerah yang sejuk untuk berwisata bersama keluarga.

Objek Wisata Garut Swiss Van Java

Beberapa objek wisata bahari antara lain Gunung Papandayan, Kawah Putih Telaga Bodas, Kampung Sampireun dan Leuwi Jurig.

  1. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan Garut
(Sumber: www.instagram.com/indrasutantoo dan diolah dengan Canva)

Saya dan suami sangat ingin mengajak anak kami besok untuk mendaki gunung. Gunung Papandayan merupakan gunung aktif yang menyajikan keindahan alam yang mempesona dengan ketinggian kurang lebih 2600 m di atas permukaan laut.

Lokasinya cukup terjangkau yaitu hanya 1 jam perjalanan dengan mobil pribadi dari Kota Garut. Banyak yang mengatakan juga kalau gunung ini cocok untuk pemula.

Selain itu, di kawasan Gunung Papandayan terdapat beberapa kawah seperti Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Manuk dan Kawah Nangklak. Tentunya potensi flora dan faunanya juga tidak kalah. Tempat yang cocok untuk mengajarkan anak tentang alam Indonesia. Aktivitas seru yang dapat dilakukan tentunya hiking, hunting foto, camping, downhill dan eksplor alam.

Pemandangan Gunung Papandayan
(Sumber: www.instagram.com/titi_kamal) 
(Sumber: www.google.com)

Tiket masuk akhir pekan ke tempat wisata ini yaitu 30 ribu/orang dengan biaya parkir mobil 35 ribu. Bagi wisatawan mancanegara tentunya ada penyesuaian tarif tiket masuk.

Di sepanjang jalur pendakian kita juga tidak perlu repot- repot membawa makanan yang banyak karena sepanjang jalur pendakian banyak tersedia kedai makanan. Gunung Papandayan buka mulai jam 7.00 WIB sampai jam 18.00 WIB.

Fasilitas selama di jalur pendakian juga lengkap dengan toilet, kamar bilas, masjid, area camping, kedai, dan tempat parkir kendaraan pribadi.

Lama waktu pendakian pun katanya tidak begitu lama.  Kurang lebih dua sampai tiga jam saja untuk bisa mendaki dan menyelesaikan trek Gunung Papandayan.  Karena terjangkau, tidak heran, pengunjung yang datang dari kalangan usia beragam, mulai anak-anak hingga orang tua.
 
  1. Kampung Wisata Talaga Sampireun

Talaga Sampireun
(Sumber: www.instagram.com/ieugarut_ dan diolah dengan Canva)

Tempat wisata ini sudah cukup lama manjadi wishlist saya dan suami karena suasananya yang begitu romantic di pinggir danau. Selain memilih tempat ini sebagai akomodasi menginap kami, kami akan menghabiskan waktu juga untuk mencicipi kuliner dan berjalan- jalan disekitar penginapan di bawah pohon yang rindang.

(Sumber: www.google.com) 
(Sumber: www.google.com)

Tidak hanya menyajikan hotel dan restoran dengan menu lezat, kampung wisata ini juga menyajikan pertunjukan hiburan dari kebudayaan khas Garut. Mulai dari penampilan tari hingga permainan musik angklung. Lengkap sudah perjalanan wisata kami kelak, tak hanya berlibur ke alam bebas tapi juga mengenal lebih jauh kebudayaan Indonesia.

  1. Luewi Jurig

Leuwi Jurig
(Sumber: www.instagram.com/parsel.buah.bandung dan diolah dengan Canva)

Tebing bebatuan yang indah dan eksotis dengan birunya permukaan air tentunya memanjakan mata. Tempat ini akan menjadi salah satu tujuan kami juga ketika ke Garut.

Air jernih di antara bebatuan raksasa menjadikan destinasi wisata di Garut ini cukup ngehits di kalangan traveler Zaman Now. Tidak sekadar menjadi tempat bermain air, Leuwi Jurig juga keren untuk dijadikan spot foto koleksi Instagram.

(Sumber: www.instagram.com/parsel.buah.bandung)
(Sumber: www.google.com) 

Lokasi tempat wisata ini yaitu di Cihikeu, Bungbulang, Kabupaten Garut. Untuk tiket masuknya gratis.

  1. Kawah Putih Telaga Bodas

Kawah Talaga Bodas
(Sumber: www.instagram.com/riandianp_ dan diolah dengan Canva)

Kawah Putih Talaga Bodas menjadi wishlist kunjungan saya di Garut selanjutnya.  Tempat wisata ini berada di lereng Gunung Galunggung dengan ketinggian 1512 mdpl dengan luas kawasan 23,85 hektare. 

Tidak hanya memiliki pemandangan telaga yang memesona, ternyata banyak aktivitas seru  yang bisa dilakukan di sini. Seperti hiking, trekking, piknik, atau berendam di kolam semi-infinity pool dengan air hangat.

Talaga Bodas
(Sumber: www.instagram.com/sigotik91)
(Sumber: www.instagram.com/garutngider)

Kapan lagi bersantai menikmati pemandangan yang luar biasa sembari bersantai di kolam air panas?  Pastinya segar sekali ya!

Foto- foto di tempat ini juga pastinya keren dan unik sekali, pemandangan ala Swiss, sejuk dan istimewa karena bersama teman hidup. Tempat wisata ini buka dari Senin-Sabtu mulai pukul 06.00-17.45 WIB. sementara hari Minggu pukul 06.00-16.00 WIB.

Kebudayaan Masyarakat Garut

Pertunjukan Angklung Garut
(Sumber: www.traveloka.com) 
Sampan dan Rumah Adat Garut
(Sumber: www.instagram.com/ieugarut_)

Berwisata perlu menjadi langkah untuk melestarikan sejarah, supaya daerah Indonesia tidak kehilangan identitas. Masyarakat Garut mempertahankan budaya kesenian turun temurun antara lain kesenian angklung dan kesenian adu domba.

Angklung merupakan alat musik yang terbuat dari bambu sedangkan Adu Domba adalah seni ketangkasan domba sebagai hewan ternak masyarakat Garut. Kesenian ini sangat ramai dan seru untuk dinikmati para pengunjung.

Selain itu, beberapa upacara adat masyarakat Garut yang masih dilestarikan antara lain Upacara Seba, Upacara Ngalungsur, Upacara Mulud dan lain sebagainya. Upacara ini dilakukan dalam rangka menghormati para leluhur.

Rumah adat khas Garut dari bambu dan Sampan sebagai alat transportasi di empang juga masih kerap dapat ditemui sebagai ikon budaya daerah Garut.

Wisata Kuliner Garut

Garut belakangan hits karena kuliner Mie Jebew yang ramai di media sosial melalui liputan para Youtuber kuliner. Namun sesungguhnya kuliner tradisional yang paling terkenal tidak lain dan tidak bukan adalah dodol garut. Makanan manis yang terbuat dari tepung beras ketan, gula dan santan kelapa memberikan kerinduan tersendiri untuk mencobanya lagi.

Dodol Garut
(Sumber: www.google.com)

Terdapat beberapa kuliner yang bisa dikunjungi antara lain kulineran sunda di Rumah Makan Megawati, Es Goyobod yang mirip es campur, Baso Aci Ceu Imas yang hits dan viral, Sambal Cibiuk berwarna hijau yang legendaris, Surabi, Bakso Mang Ono, Sate Maranggi, Chocodot dan masih banyak lagi.

Warung Sunda RM. Megawati
(Sumber: www.google.com)
Sambal Cibiuk Garut
(Sumber: www.google.com)
Es Goyobod Garut
(Sumber: www.instagram.com/aroma_langit)
Baso Aci Ceu Imas
(Sumber: www.instagram.com/basoaciceuimas_)        

Rencana Perjalanan 3 Hari 2 Malam di Garut

Hari Pertama di Garut

  1. Tiba di Garut, check in di Cahaya Villa Garut
  2. Kuliner malam di Garut
  3. Bermalam di Cahaya Villa Garut

Hari Kedua di Garut

  1. Jelajah alam Leuwi Jurig
  2. Hiking Gunung Papandayan
  3. Berfoto ria di Kawah Putih Telaga Bodas
  4. Bermalam di Kampung Wisata Sampireun

Hari Terakhir di Garut

  1. Menikmati wisata dan hiburan Kampung Sampireun
  2. Mencari oleh- oleh dan kuliner Garut
  3. Kembali ke Jakarta

Tips Traveling Seru Bersama Teman Hidup

(Sumber: www.instagram.com/adhikagraha)

Siapapun pasti ingin merasakan pengalaman menjelajah alam dan berwisata dengan seru dan menyenangkan. Terdapat 3 tips yang ingin saya bagikan sebelum melakukan traveling dan menjelajahi tempat baru. Tips ini berdasarkan pengalaman pribadi dan sudah berkali- kali saya terapkan tiap kali berwisata alam.

  1. Kumpulkan Tekad dan Pupuk Keberanian

Untuk melakukan traveling kita perlu melakukan perencanaan yang matang. Baik itu perencanaan keuangan maupun perencanaan perjalanan. Namun untuk waktu juga perlu segera mengeksekusi, pupuk keberanian dengan berpikir apa yang kita miliki sudah cukup untuk melakukan traveling.

  1. Siap beradaptasi dan mengikuti alur yang ada

Terkadang ketika melakukan perjalanan, ada hal- hal yang tidak sesuai dengan harapan dan rencana kita. Tugas kita saat itu hanyalah siap beradaptasi dengan segala perubahan dan jalani alur yang ada. Tujuannya adalah agar kita tetap bisa menikmati setiap momen yang kita lewati. Ketika bertemu dengan beragam masyarakat kita perlu beradaptasi dengan budaya baru.

  1. Persiapkan Perlengkapan Minimalis namun Efektif

Tips ini mungkin berguna khususnya jika kita bepergian bersama bayi. Sebisa mungkin perlengkapan yang kita bawa sesimpel dan seefektif mungkin, jangan sampai membawa begitu banyak barang karena tentunya akan cukup merepotkan.

Bagus juga jika kita membuat catatan perlengkapan yang harus dibawa untuk orangtua maupun bayi, sehingga kita bisa mengoptimalkan space yang ada. Saya sendiri berencana membawa 2 ransel yaitu untuk perlengkapan anak dan perlengkapan berupa laptop serta kamera, sling bag untuk menyimpan hp dan dompet serta koper untuk pakaian saya dan suami.

Penutup

Tak terasa kita sudah sampai di penghujung kata. Demikian rencana jelajah rasa, alam dan tradisi dari salah satu surga Indonesia di Jawa Barat bersama #TemanHidup dan Traveloka.

Tulisan ini ditulis dalam rangka kompetisi #LihatDuniaLagi yang diselenggarakan oleh Traveloka bersama Blogger Perempuan. Semoga rencana jelajah alam saya dapat terwujud dan berkesempatan merasakan momen kebersamaan yang baru!

(Sumber: www.google.com)

Kamu yang butuh healing pun berkesempatan lho untuk berjelajah. Yuk ‘#LihatDuniaLagi dan bikin #StaycationJadi’ dengan Traveloka! Langsung meluncur ke Traveloka lewat link ini:  https://trv.lk/kompetisi-lihatdunialagi-bloggerperempuan. Periode kompetisi ini berlangsung mulai tanggal 5 September- 12 Oktober 2022.

***

Sumber:

Tentang Garut

https://www.idntimes.com/travel/tips/mimar-fakhruddin-1/info-wisata-kawah-talaga-bodas-garut-c1c2#page-2

https://travel.okezone.com/read/2022/07/10/408/2626899/wisata-gunung-papandayan-garut-lokasi-rute-harga-tiket-dan-aktivitas-seru

https://piknikwisata.com/jabar/bandung/sungai/leuwi-jurig/
 
https://tempatwisataindonesia.id/makanan-khas-garut/
 
https://www.enkosa.com/2021/08/tradisi-garut.html
 
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Seni_adu_domba_Garut
 

2 thoughts on “Jelajah Garut The Swiss Van Java, Surganya Jawa Barat Bersama Teman Hidup Traveloka”

  1. Udah pernah ke Garut sebenernya tapi kurang banyak eksplor nampaknya aku. Ternyata Garut masih ada banyak tempet kece yang wajib dikunjungi 😭😭😭
    Mungkin next harus coba rekomendasi tempat wisata dan kulineran seperti yang disebutkan kaka iya 😍😍😍
    Thank you infonya kaaa

    1. Hai Yunita salam kenal ya! Thank you juga sudah berkunjung ke blogku. Iya Garut gak kalah kece sama kota- kota lain ya, wajib dijadiin wishlist pokoknya 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published.