Trip Pulau Kunti Ciletuh

Pengalaman Trip Keluarga Ke Pulau Kunti Geopark Ciletuh Sukabumi

Di tulisan kali ini saya akan sharing pengalaman trip keluarga 2 hari 1 malam ke Pulau Kunti Sukabumi. Siapa yang baru saja mendengar tempat wisata ini? sebenarnya sudah cukup terkenal bagi masyarakat yang tinggal di wilayah Bogor dan sekitarnya.

Akses yang tidak jauh dari Jakarta untuk ditempuh dengan kendaraan pribadi cukup menjadi pertimbangan tersendiri. Bagi saya itu cukup worth it untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. 

Lokasi Pulau Kunti

Lokasi Pulau Kunti di kawasan Ciletuh UNESCO Geopark, Kabupaten Sukabumi. Diakses dengan kendaraan pribadi dari Bogor kurang lebih 3 jam. Dari Pelabuhan Ratu kurang lebih menempuh perjalanan sejauh 40 kilometer, yakni 1 jam perjalanan dengan mobil pribadi.

Berikut lokasi Pulau Kunti Sukabumi.

Lokasi Pulau Kunti Sukabumi
Lokasi Pulau Kunti Sukabumi (www.google.com)

Untuk melihat arah ke Pulau Kunti dari lokasi teman- teman bisa diakses di sini.

Apa yang Bisa Dilakukan di Sana?

Di Pulau Kunti, sebenarnya kita tidak hanya bisa snorkeling tapi kita juga bisa naik perahu menyebrang dan menikmati pemandangan indah antara laut, pantai pasir putih dan bebatuan karang.

Beberapa objek wisata yang terdapat di kawasan Geopark Ciletuh, antara lain Air Terjun Awang, Taman Purba, Bukit Panenjoan, dan masih banyak lagi. Tentunya panorama khas yang dapat kita nikmati adalah gunung, air terjun, sawah, ladang, dan berujung di muara sungai ke laut. 

Meski namanya Pulau Kunti namun sebenarnya tempatnya jauh dari kesan horor, menurut tour guide sekaligus warga setempat, penamaan Pulau Kunti adalah berawal dari sebuah gua di laut yang setiap kali dilewati nelayan mengeluarkan suara seperti kunti. Namun sebenarnya ini adalah suara air laut yang menghantam batu karang. 

Akibat dari mitos kuntilanak yang beredar, nelayan setempat tidak mau mencari ikan di sekitar Pulau Kunti. Wah padahal seafood-nya mungkin melimpah sekali ya di sana.

Ngomong- ngomong soal fauna, memang di Pulau Kunti ini terkenal beraneka ragam flora dan fauna. Mulai dari burung- burung, jenis pohon dan ikan- ikan. Bahkan nelayan mengatakan Elang Jawa bisa kita lihat di pulau tersebut. 

Bagi teman- teman yang tertarik menyelam bisa menyewa peralatan selam ke pengelola dengan biaya tambahan. 

Momen Keindahan di Pulau Kunti dan Pantai Ciletuh

Berikut beberapa momen yang diabadikan selama kami pergi ke Pulau Kunti dan Pantai Ciletuh.

Kapal Menuju Pulau Kunti

Ohya, kami juga mengabadikan momen indah di Pantai Ciletuh, apalagi kalau bukan sunset. Sunset di sana cantik sekali, siapapun yang sedang berburu sunset wajib berkunjung ke sana. Kebetulan kami juga beruntung karena hari sedang cerah dan tidak ada awan.

Sunset Pantai Ciletuh

Sunset Pantai Ciletuh

Biaya apa saja yang di keluarkan?

Tiket masuk pertama kali untuk parkir mobil yakni 10 ribu rupiah. Kemudian, biaya menyebrang dengan perahu nelayan yaitu 35 ribu/orang. Dengan durasi menyebrang sekitar 25 menit. Tempat penyewaannya yaitu di Dermaga Ciwaru tempat para kapal nelayan berlabuh.

Saya dan keluarga memutuskan untuk bermalam di daerah Pantai Ciletuh. Kami menginap di guest house dekat rumah penduduk. Informasi ini kami dapatkan juga dari penjual kelapa muda yang memiliki warung di sekitar pantai. Harga guest house cukup terjangkau yakni 500 ribu untuk ber 7 orang (ayah, ibu, saya, suami dan 3 orang adik).

Guest house cukup luas dengan parkiran untuk 2 sampai 3 mobil. Terdiri dari 3 kamar tidur dengan 2 kamar 1 tempat tidur dan 1 kamar 2 tempat tidur. Kamar mandi sendiri ada 2 buah. 1 dapur dan ruang berkumpul keluarga yang sangat luas. 

Kuliner Di Pantai Ciletuh

Untuk menu makan siang kami memesan ikan bakar barakuda serta ikan kue yang ikannya kami dapatkan langsung dari TPI. Segar dan cukup murah. Kami lahap menghabiskan seafood khas Sukabumi itu dengan sambal yang cukup pedas.

Keesokan harinya adalah jadwal kami pulang ke Bogor. Tidak jauh dari homestay sebenarnya ada sebuah curug yang cukup ramai dikunjungi. Namanya curug Cimarinjung. Namun, kami tidak sempat ke sana karena hari sudah semakin siang dan kami tidak mau bermacet- macetan pulang menuju Bogor.

Di jalan pulang melewati Pelabuhan Ratu kami mampir ke salah satu Resto Seafood. Kami pesan ikan bakar dan cumi serta kangkung. Memang tidak seenak seafood yang bumbunya dibuat sendiri, namun cukup untuk mengatasi rasa lapar kami di perjalanan.

Perjalanan pulang kami habiskan selama kurang lebih 3,5 jam. Rasanya puas berlibur di sana, tidak begitu jauh namun berkesan karena bersama keluarga tercinta.

Penutup

Sekian pengalaman saya dan keluarga berwisata ke Pulau Kunti Sukabumi. Suatu saat mungkin kami akan kembali lagi dengan keseruan yang lain. Karena berwisata ke Geopark memberikan banyak manfaat mulai dari wisata edukasi, alam, hingga budaya. 

Saya juga pernah menulis tentang keindahan Pantai Menganti di artikel ini. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published.