pengalaman kehamilan trimester 2

Pengalamanku Menjalani Kehamilan di Trimester 2

Hello again, pengalamanku menjalani kehamilan di trimester pertama sudah aku bahas di sini. Kali ini aku akan membahas pengalamanku menjalani kehamilan di trimester kedua. Yuk, simak sharing ceritaku!

Kalau kata kebanyakan orang, masa-masa trimester kedua itu fase kehamilan yang paling nyaman dan paling menyenangkan. Aku pribadi setuju sih. Aku sendiri sekarang sudah berada di masa trimester 3 lebih tepatnya 30 minggu, jadi aku cukup bisa merasakan perbedaan masa trimester 1, 2 dan 3.

Trimester kedua sendiri yaitu masa kehamilan sejak minggu ke-13 hingga ke-27. Tentunya, pengalaman setiap wanita akan berbeda- beda. Di sini aku akan sharing tentang pengalamanku selama trimester kedua ini, semoga bermanfaat.

Perubahan yang terjadi selama kehamilan trimester kedua

Berikut beberapa hal yang aku rasakan berubah ketika menjalani trimester kedua ini.

    1. Tubuh lebih bertenaga

Jujur, tubuh lebih bertenaga ini dikarenakan keluhan mual muntah yang umumnya berkurang. Nafsu makan juga sudah kembali sehingga aku menikmati lagi makan makanan favoritku.

Dengan perubahan di trimester kedua ini, saranku lakukanlah aktivitas yang membuat moms merasa hepi dan nyaman. Misalnya, aktivitas yang mungkin terhalang ketika di trimester pertama. Jalan- jalan sore, berolahraga atau merencanakan babymoon dengan pasangan.

Aku dan suami melakukan babymoon di usia kehamilan 6 bulan. Babymoon pun kami lakukan sambil melakukan maternity photoshoot yang kami arrange sendiri. Rasanya seru sekali kembali melakukan proyek, apalagi bersama suami.

Silahkan baca review staycationku saat babymoon di artikel ini.

2. Mudah Haus

Meskipun tubuh kembali bertenaga di trimester kedua kehamilan ini. Namun, tubuh kita butuh terus terhidrasi untuk kebutuhan cairan ketuban janin dalam kandungan. 

Saranku, moms bisa menyiapkan botol minum berukuran 2 liter kemanapun moms pergi. Selain untuk melihat apakah jumlah cairan yang kita minum mencukupi tubuh kita, hal ini juga memudahkan kita mendapatkan air minum yang segar. 

Beberapa kasus ibu hamil mengalami pusing kepala di trimester kedua ini diakibatkan kurangnya asupan cairan juga. So, jangan sampai kurang minum ya moms. Tidak apa- apa kok kita jadi sering bolak- balik ke toilet, yang terpenting kita dan janin kita sehat moms.

3. Nafsu Makan Meningkat

Gejala asam lambung sudah berkurang dan hampir tidak ada membuat tubuh kita merasa lebih nyaman. Nafsu makan pun meningkat sehingga asam lambung jarang naik lagi. Namun tetap hindari makanan pedas dan asam ya moms. 

Dengan nafsu makan yang kembali meningkat, tetap pantau juga kenaikan berat badan sekitar 1 kg setiap bulannya. Jangan lupa juga untuk berolahraga. 

4. Perubahan Kulit

Aku termasuk yang beruntung ketika menjalani kehamilan ini. Kulit wajahku terasa semakin halus dan banyak orang- orang sekitarku yang bilang kalau wajahku semakin glowing semenjak kehamilan ini. Entah karena aku hamil anak perempuan sehingga hormon juga mungkin mempengaruhi ya moms hehe..

Namun perubahan kulit tetap mungkin terjadi contohnya noda hitam dan garis strecth mark pada perut, paha atau pinggang. Moms bisa mengakalinya dengan menggunakan moiturizer atau stretch mark cream yang saat ini banyak di jual atau direkomendasikan di media sosial.

5. Keputihan 

Keputihan ini menjadi momok hampir sebagian besar wanita hamil. Tricky banget memang. Kita sudah berusaha untuk menjaga kesehatan dan kebersihan alat vital kita namun terkadang bakteri dan jamur tetap tumbuh.

Hal ini diakibatkan hormon kehamilan kita yang membuat produksi cairan vagina menjadi meningkat. Situasi ini sangat disukai oleh bakteri dan jamur itu sendiri.

Aku sendiri cukup terganggu dengan keputihan ini. Aku sempat berobat ke dokter dan diresepkan obat kapsul flagystatin yang aku pakai selama 5 hari berturut- turut. Meskipun sudah berobat, terkadang keputihan itu datang lagi.

Jadi aku berusaha untuk menjaga kelembaban pakaian dalam, menggunakan pakaian dalam berbahan dasar katun, membasuh dengan betadine khusus wanita tiap kali merasa tidak nyaman serta yang terpenting yaitu mengelola stress.

Penutup

Baiklah, cukup sekian sharing pengalamanku di masa kehamilan trimester kedua. Banyak senangnya meskipun juga ada tantangannya. Yang paling penting, berusaha untuk tetap teredukasi dan juga bertanya jika ada hal- hal yang kita tidak pahami. Bertanya melalui aplikasi online, teman yang berpengalaman ataupun tenaga kesehatan. 

Sampai jumpa di tulisan selanjutnya!

 

 

 

1 thought on “Pengalamanku Menjalani Kehamilan di Trimester 2”

  1. Pingback: Pengalamanku Menjalani Kehamilan Trimester ke-3 - Dear Me Mind

Leave a Comment

Your email address will not be published.