Kehamilan trimester 3

Pengalamanku Menjalani Kehamilan Trimester ke-3

Welcome back! Saat menulis artikel ini, aku sedang menjalani kehamilan di trimester ketiga. 

Sebelumnya aku sudah membagikan pengalamanku melewati trimester satu dan kedua. Kali ini aku akan membagikan pengalamanku menjalani kehamilan di trimester akhir ini. 

Perubahan Yang terjadi

1. Semakin Sering ke toilet

Jujur, hal ini yang membuat pergerakan aku semakin tidak bisa leluasa. Maksudnya apa? aku semakin sering ke toilet untuk berkemih dan berada di luar rumah dalam waktu yang lama membuatku tidak betah. 

Semakin seringnya buang air kecil ini dikarenakan kandung kemih semakin terdesak dengan perluasan rahim sebagai proses kehamilan yang semakin bertumbuh.

2. Pergerakan bayi semakin terasa

Pergerakan bayi di trimester kedua masih terasa halus dan belum sekuat itu. Di trimester ketiga, gerakan janin akan terasa lebih intens. Terkadang gerakan janin yang menendang tiba- tiba juga membuatku kaget. 

Tapi itu kesempatan yang baik, kita bisa berusaha hadir bersama janin, berbincang, menstimulasi dan memberikan afirmasi positif. Tetap berusaha untuk memberikan sentuhan halus seperti mengelus perut, hal ini membantu moms membangun chemistry dengan janin di dalam perut.

3. Mulai susah tidur

Yaps, rasanya mulai susah untuk tidur dengan posisi yang nyaman. Punggung dan pinggang mulai terasa tidak nyaman. Moms mungkin sudah tahu ya, kalau posisi yang dianjurkan dokter adalah miring ke kiri. Katanya posisi ini baik karena peredaran lebih lancar dan nutrisi ke janin berjalan lancar. 

Untuk mengatasinya moms bisa melakukan banyak hal. Contohnya peregangan sebelum tidur, pijat bersama pasangan, yoga atau meditasi gerak, mendengarkan musik yang menenangkan sebelum tidur, mendengarkan murotal, dan juga menambahkan bantal untuk mengganjal tubuh jika diperlukan.

4. Kembali merasa mudah lelah

Merasa mudah lelah di trimester ketiga ini sangat wajar kawan. Mudah pusing bisa dikarenakan kurang minum, untuk itu minum yang banyak 2 L per hari penting sekali untuk dibiasakan. Hindari juga berdiri terlalu lama serta bangun tidur secara perlahan. 

Apabila merasa lelah, perbanyak istirahat dengan mendengarkan tubuh kita. Selain itu, kita juga perlu makan dengan kalori yang cukup. Perbanyak mengkonsumsi makanan padat nutrisi terutama protein untuk menunjang pertumbuhan janin juga yang sedang membutuhkan banyak protein di trimester tiga.

5. Masalah pencernaan dan pembengkakan kaki

Ini memang momok juga ya moms bagi ibu hamil. Pembengkakan atau istilah medisnya edema, bisa terjadi mungkin kita terlalu lama berdiri atau terlalu sering duduk menyilangkan kaki. 

Alhamdulillah aku sendiri tidak mengalami pembengkakan kaki, aku berpikir mungkin karena aku cukup sering melakukan yoga dan jalan kaki. Tips lainnya yaitu menggantungkan kaki ketika tidur. Ini membantu peredaran darah berjalan lancar.

Masalah lainnya yaitu sembelit. Hal ini karena otot otot pencernaan mulai kendur karena rileksasi rahim. Moms bisa mengkonsumsi buah, yogurt ataupun sayuran yang cukup untuk menghindari terkena sembelit ini.

Penutup

Sekian sharing pengalamanku di kehamilan trimester 3 ini. Tambahannya, tetap happy dan jangan terlalu stress. Moms bisa melakukan aktivitas menyenangkan untuk membangun mood dan energi positif dalam diri kita. Semoga apa yang aku tuliskan bisa bermanfaat. 

Sampai jumpa di tulisan selanjutnya!

2 thoughts on “Pengalamanku Menjalani Kehamilan Trimester ke-3”

Leave a Comment

Your email address will not be published.