QRIS Digital Payment: si Paling Sat set yang memudahkan Transaksi Sehari-hari

Ketika hendak membayar makanan, barang maupun jasa sering kali kita jumpai banyaknya alat pembayaran yang berjejeran di meja kasir. Jika dahulu kita terbiasa menggunakan kartu debit atau kartu kredit ataupun uang tunai, belakangan scan barcode melalui smartphone menjadi alternatif yang memudahkan kita juga dalam melakukan transaksi pembayaran.
 
Bepergian tanpa membawa dompet berisi uang tunai dan kartu ATM bukan lagi menjadi masalah, selama smartphone di genggaman kita. Sungguh, hidup sebelum QRIS tidak pernah semudah ini. Hadirnya QRIS dengan mudahnya diakses dari smartphone ditengah- tengah aktivitas kita memberikan banyak manfaat bagi kita sebagai konsumen.
 
Kita cukup menggunakan smartphone dan koneksi internet, tanpa kartu tambahan maka dana simpanan kita di kartu debit, kartu kredit atau uang elektronik akan otomatis terbayarkan.

Pengalaman dan Momen Pertama Berkenalan dengan QRIS

Saya dan suami hobi kuliner mencicipi makanan di tempat- tempat yang baru kami kunjungi. Mulai dari street food hingga makanan khas daerah setempat. Sebagai penyuka jajan, kami memiliki beberapa cerita unik. Mulai dari momen “dompet tertinggal” atau “kehabisan uang tunai” atau “lupa ambil tunai” menjadi bumbu- bumbu tersendiri di petualangan kuliner kami.
 
Pernah suatu waktu kami kuliner di daerah Bintaro, Tangerang Selatan ke suatu kedai yang sangat ramai. Setelah selesai makan, saya dan suami baru ingat jikalau kami tidak membawa uang tunai. Adapun antrian pembayaran cukup panjang. Petugas kasir menawarkan untuk melakukan pembayaran dengan QRIS karena mesin EDC sedang dalam perbaikan atau tidak ada sinyal.
 
Suami yang saat itu menggunakan jasa bank yang sudah menggunakan QRIS untuk melakukan pembayaran pun merasa sangat terbantu. Transaksi menjadi mudah dengan adanya QRIS.
 
Apa itu sebenarnya QRIS? Dilansir dari website BI, Quick Response Code Indonesian atau QRIS adalah Standard penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code.
 
(Sumber: Website Bank Indonesia)
 
Kode ini dikembangkan oleh Bank Indonesia untuk memudahkan, mempercepat dan memberikan keamanan dalam transaksi keuangan.
Dalam transaksi sehari-hari dapat kita jumpai penggunaan QRIS mulai dari supermarket, pemilik bisnis makanan dan minuman, warung, pedagang, tempat wisata, donasi, website belanja online dan lainnya.
 

Sesuai dengan namanya Quick Response diciptakan untuk mempercepat kamera digital membaca kode yang ada di dalamnya. Informasi ini dapat berupa link, nomor telefon hingga yang saat ini sedang kita bahas yaitu sistem pembayaran.

Kode ini dapat ditemukan dalam bentuk stiker atau hasil cetak yang dapat konsumen scan menggunakan smartphone ataupun ditampilkan dalam bentuk hasil print dari mesin EDC atau monitor.

Terdengar cukup familiar karena sebelumnya scan barcode ini memang sudah sering digunakan. Namun apa bedanya QRIS dengan QR Code yang sudah ada sebelumnya?

 
QRIS dibuat BI dengan standard karena hanya diperlukan satu jenis code dan ini dapat dibayarkan dengan berbagai sumber pembayaran ataupun instrumen pembayaran.
 

Manfaat Menggunakan QRIS dalam aktivitas sehari- hari

Sebagai kaum milenial yang dekat dengan perkembangan teknologi. Manfaat hadirnya QRIS ini tentunya dapat dirasakan kita sebagai konsumen, antara lain:
1. Cepat dan Kekinian
Dijaman yang serba cepat ini, menggunakan QRIS sangat memudahkan. Kita tidak lagi perlu mencatat ke nomor rekening mana kita berbelanja atau membayar sesuatu, hanya perlu menscan dan transaksi pembayaran pun berhasil.
2. Anti Repot
Cashless! Ya, kita tidak perlu repot lagi membawa uang cash karena dengan QRIS segalanya dilakukan secara digital, pembayaran terpotong langsung dari kartu debit, kartu kredit atau e-wallet kita.
3. Anti Pusing
Tidak perlu pusing QR Code siapa yang terpasang, karena setiap pembayaran memiliki kode unik yang spesifik. Selain itu, sebelumnya tiap aplikasi pembayaran memiliki QR code yang berbeda. Sekarang konsumen hany dihadapkan satu QR code yang bisa digunakan menggunakan aplikasi pembayaran apapun.
4. Terlindungi Keamanannya
Tentunya aman karena semua PJSP penyelenggara QRIS sudah pasti memiliki izin dan diawasi oleh Bank Indonesia, sehingga kita pun terbebas dari kejahatan dan penipuan. Kecuali sejumlah oknum yang memalsukan QRIS. Keamanan QRIS didukung karena setiap transaksi yang dilakukan menggunakan QRIS membutuhkan PIN atau kode untuk persetujuan.
5. Hemat
Sebagai pelanggan kita tidak akan dikenakan biaya sepeserpun di luar nominal belanja kita. Belanja pun menjadi lebih hemat. Biaya QRIS yang 0 rupiah menghemat kebutuhan kita. 
 
Keamanan tidak hanya pada transaksi itu sendiri, di masa pandemi yang kita lewati lalu. Metode QRIS menghindarkan kita dari kontak fisik melalui uang tunai sehingga manfaat dalam memulihkan perekonomian nasional juga kita rasakan.
 

Antusiasme Pengguna QRIS di Indonesia

Tren QRIS dari waktu ke waktu semakin meningkat. Dilansir dari website Bank Indonesia, sampai dengan saat ini yaitu dua tahun sejak diluncurkan, QRIS telah tersedia di seluruh provinsi dan hampir seluruh kabupaten kota di Indonesia.
 
QRIS melalui mobile banking dan dompet digital ini sudah digunakan baik oleh pedagang kecil di pasar tradisional, mall, universitas, sekolah, tempat ibadah, lembaga sosial dan keagamaan, tempat pariwisata, bayar parkir, retribusi pemda, dan lainnya.
 
Berdasarkan data yang diambil oleh Daily Social, penggunaan QRIS banyak pada sektor makanan dan minuman. Selain itu, juga untuk kebutuhan pokok, donasi dan layanan transportasi. 
 

Cara Menggunakan QRIS

Berikut cara menggunakan QRIS yang dilansir dari website Indonesia Baik.id.

QRIS memudahkan pembayaran dengan lebih cepat, praktis dan aman.

Tips Aman Bertransaksi dengan QRIS Sehari-hari

Sebagai konsumen, kita dapat memilih dan men-download aplikasi pembayaran yang terpasang pada ponsel kita. Selanjutnya kita dapat melakukan registrasi ke salah satu dompet digital dan memastikan tersedianya saldo untuk melakukan transaksi. Melalui aplikasi selanjutnya konsumen melakukan scan QRIS pada merchant, memasukkan nominal transaksi, meng-otorisasi transaksi dan kemudian mengkonfirmasi pembayaran kepada penyedia barang dan/atau jasa.

Transaksi Aman dengan QRIS (www.unsplash.com)

Kita harus membudayakan untuk menggunakan pembayaran QR dan memverifikasi keakuratan setiap melakukan pembayaran. Saat men-download aplikasi pembayaran menggunakan QRIS, konsumen hanya boleh menggunakan aplikasi PJSP yang authorized sesuai petunjuk masing-masing PJSP.

Aplikasi PJSP memiliki fitur keamanan untuk membantu mendeteksi dan mencegah fraud transaksi ke merchant palsu. Setelah memindai QRIS, konsumen harus memeriksa bahwa nama merchant yang ditampilkan pada aplikasi pembayaran mereka sesuai dengan nama merchant yang ditampilkan di atas label QRIS.
 

Setelah pembayaran berhasil, konsumen akan segera menerima notifikasi pembayaran. Demikian pula, pedagang juga akan menerima notifikasi.

Jika konsumen mencurigai adanya penipuan atau permasalahan dalam melakukan transaksi, segera hubungi PJSP terkait.

sooltanPay: Aplikasi Digital dengan Fitur QRIS Unggul

Salah satu bentuk teknologi pembayaran digital adalah QRIS atau QR Code yang dapat digunakan untuk bertransaksi. sooltanPay merupakan aplikasi digital untuk skala ritel UMKM Indonesia yang memiliki fitur utama QRIS. Aplikasi ini dirilis oleh Telkom Indonesia.
Aplikasi sooltanPay untuk UMKM (Sumber: Instagram SooltanPay)

sooltanPay memiliki 2 fitur menarik yaitu Fitur Top Up dan Tagihan serta Fitur Kasir yang dapat dilihat melalui gambar di atas ini. Tentunya ada cashback menguntungkan juga disetiap transaksinya.

Selain itu, mendaftar QRIS di sooltanPay membuat UMKM  dapat menyediakan berbagai metode pembayaran sesuai kenyamanan konsumen. Prosesnya cepat yaitu hanya 1 hari.

Adapun untuk cara menggunakan QRIS di aplikasi sooltanPay sangat mudah, tinggal scan melalui m-banking atau lewat dompet digital yang kita biasa gunakan. Tentunya sangat praktis dan mudah!

Kesimpulan

Nah, berikut ulasan mengenai QRIS dan manfaatnya bagi kita sebagai konsumen di aktivitas sehari- hari. Dengan QRIS segalanya jadi tambah sat set sat set!

Kehadiran QRIS memudahkan segala transaksi sehari- hari. Sebagai konsumen kita bisa lebih fleksibel dalam memilih aplikasi pembayaran QR Code. Tetap berhati hati agar tetap aman dan nyaman dalam bertransaksi menggunakan QR Code.

Bagaimana pengalamanmu menggunakan QRIS?

 
 

Sumber Penulisan:

https://dailysocial.id/post/adopsi-qris-mobile-banking-uang-digital

https://tirto.id/ggQL

https://indonesiabaik.id/infografis/bayar-cepat-pakai-qris

https://www.bi.go.id/id/edukasi/Pages/QR-Code-Indonesian-Standard.aspx

Leave a Comment

Your email address will not be published.